Selasa, 08 Juli 2014

Laporan Lertanggung Jawaban HMJ

Laporan Pertanggungjawaban Pengurus HMJ Pendidikan Matematika FKIP UNISMUH Makassar Periode 2012-2013
I.             MUQADDIMAH

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Puji syukur tiada henti kita panjatkan kepada Allah SWT. Yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua sehingga dapat menghadiri kegiatan Musyawarah Besar HMJ Pendidikan Maematika periode 2012-2013 dalam keadaan sehat wal’afiat serta anugerah pikiran yang jernih dalam setiap tindakan yang kita lakukan.
Salam serta salawat tak lupa kita curahkan kepada Nabiullah Muhammad Saw. Yaitu nabi yang menjadi suri tauladan ummat manusia khususnya ummat muslim di dunia dalam mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Suatu organisasi membutuhkan seorang pemimpin yang mampu menggerakkan struktur kepengurusan menuju terwujudnya tujuan bersama. Pemimpin tersebut diharapkan memiliki visi, semangat, karakter, integritas dan kapabilitas yang mumpuni agar dapat menjalankan fungsi kepemimpinannya. Selain itu, pemimpin juga harus berani mengambil resiko, selalu menginginkan pembaharuan, bersedia mengatur, memiliki harapan yang tinggi, menjaga sikap positif dan senantiasa berada dibarisan terdepan memegang panji perjuangan untuk diantarkan menuju tujuan bersama dengan lancar bagaikan angin ditengah samudera yang melaju tanpa halangan yang berarti, kecuali hal itu akan memberi manfaat pada sekitarnya.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Satu tahun lalu saya diangkat dan diamanahkan menjadi Ketua Umum melalui sumpah sakral dalam hal ini oleh Ayahanda Drs. Baharullah, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Matemtika FKIP Unismuh Makassar. Amanah tersebut saya terima dengan penuh tanggung jawab sebagai bentuk pengabdian terhadap salah satu jurusan yang saya banggakan yaitu Program Studi Pendidikan Matematika. Bersama tim formatur kami menyusun struktur kepengurusan dari beberapa mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2010 dan 2011 yang dianggap cakap dan loyal terhadap HMJ Pendidikan Matematika kedepannya. Bersama pengurus inilah kami bergandeng tangan menyatukan persepsi dan tujuan untuk menjadikan lembaga ini sebagai lembaga yang solid, terdepan, berkualitas tanpa mengaburkan nilai-nilai serta kultur yang telah dibangun sebelumnya oleh para alumnus dan dewan senior sebagai panutan kami. Beserta pengurus inilah kami berjuang dan berproses untuk menjalankan amanah selama satu periode kepengurusan kami.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Selama satu periode kepengurusan berlangsung, tentunya tidak sedikit permasalahan yang dihadapi, baik senang maupun duka, adanya rintangan, hambatan, dan tantangan, timbulnya rasa lelah, malas, bosan, dan benturan dengan kewajiban yang lain sudah menjadi masalah klasik yang pasti datang untuk menemani. Konflik dan perpecahan menjadi bumbu penyedap yang umum. Namun dengan semangat dan keyakinan mendalam semua itu tak menyurutkan langkah kami untuk berhenti berkarya dan menjalankan amanah ini. Hal ini pula yang menjadi pemicu semangat untuk selalu berproses bersama HMJ Pendidikan Matematika. Selain itu, dalam masa kepengurusan ini pula kami mendapat pelajaran yang sangat berharga, arti dari sebuah kebersamaan, indahnya pebedaan, terbentuknya jati diri dalam bingkai kekeluargaan HMJ Pendidikan Matematika yang tidak ternilai harganya dalam bentuk materi apa pun. Hal itu tentu terjadi tidak lain karena kami ingin menjadikan HMJ Pendidikan Matematika sebagai lembaga yang profesional dan tetap eksis serta mengembangkannya sesuai kemampuan kami.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Kami sadar bahwa apa yang kami cita-citakan dan kami wujudkan dalam bentuk program kerja tidak akan ada artinya dan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan tanpa adanya dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, izinkan kami memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada:
1.    Pimpinan dan Staff Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar,
2.    Pembina HMJ Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar,
3.    Staff pengajar Prodi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar,
4.    Para Alumnus dan Dewan Senior HMJ Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar,
5.    Seluruh Pengurus HMJ Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar periode 2012-2013,
6.    Pihak-pihak dan Lembaga-lembaga lain serta seluruh mahasiswa Matematika yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.
Atas segala bentuk kerjasama dan partisipasinya selama masa kepengurusan kami. Semoga semua itu akan dicatat sebagai suatu amal ibadah.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Telah menjadi kewajiban kami untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban secara struktural kepada masyarakat pendidikan matematika dalam forum MUBES HMJ Pendidikan Matematika. Laporan pertanggungjawaban ini kami susun secara deskriptif sebagai hasil kerja optimal pengurus HMJ Pendidikan Matematika periode 2012-2013, Besar harapan kami laporan pertanggungjawaban ini dapat dikritisi dan dievaluasi secara obyektif, rasional, dan argumentatif, serta memiliki akuntabilitas intelektual yang tinggi, sehingga forum ini menjadi ajang pencarian solusi secara kreatif dan inovatif, dan bukanlah ajang eksistensi diri dengan menunjukkan adu retorika layaknya debat kusir dan settingan forum klasik terhadap problematika yang ada dalam HMJ Pendidikan Matematika.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Izinkan saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada semua rekan pengurus HMJ Pendidikan Matematika periode 2012-2013 atas segala dedikasi, loyalitas, kerja keras, kesabaran dan ketabahan serta pengorbanan baik secara moril maupun materil untuk menjalankan amanah sebagai pengurus sampai akhir masa jabatan. Ini akan menjadi  kenangan manis yang terukir di hati kita semua dan bukanlah sebuah akhir kebersamaan. Semoga kedepannya silaturrahim akan tetap terjalin dan tidak akan melepas anyaman tali persaudaraan di antara kita.
Stering comyte dan peserta MUBES HMJ Pendidikan Matematika yang saya hormati,
Sebagai manusia biasa saya mewakili pengurus meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada semua pihak terkhusus mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar, jika dalam masa jabatan kami banyak hal yang belum tercapai dan banyak kekurangan didalamnya serta pernah timbul ketersinggungan di hati teman-teman baik itu disengaja maupun tidak disengaja. Setiap kepemimpinan memiliki masanya sendiri dan disetiap kepemimpinan memliki semangat pembaharuannya sendiri. Sehingga pergantian kepengurusan akan menjadi penting guna memperbaiki semangat dan menyempurnakan pencapaian yang belum terlaksana dimasa sebelumnnya. Kepemimpinan merupakan amanah. Kepemimpinan yang baru akan selalu diharapkan untuk dapat menjadi kepemimpinan yang lebih baik dari sebelumnya. Pelaksanaannya memang tidaklah semudah yang dibayangkan. Semua membutuhkan pengorbanan, baik yang bersifat material maupun immaterial. Yakinlah dan jalankan amanah dengan ikhlas mengharapkan Ridho-Nya. Insya’allah, dengan izin-Nya kepengurusan periode selanjutnya akan dapat melanjutkan perjuangan menuju terselesaikannya puzzel kesuksesan.
Jayalah HMJ Pendidikan Matematika,
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,



II.               Struktur Pengurus

                        STRUKTUR PENGURUS
HIMPUNAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
PERIODE 2012-2013

Ketua Umum
Edi Surahman
Wakil Ketua Umum
Maulana Yusron

Sekretaris Umum
Nurkhalis Umar. S


Bendahara Umum
Nurul Khusaimah. D

Wakil SekretarisUmum
Ahmad Apriadi Syawal


Wakil Bendahara Umum
Fipi Elvira

Kabid. Pengembangan Organisasi
Supriadi

Kabid. Sumber Daya Mahasiswa
Adam Munajah

Kabid. Kewirausahaan

Andi Kaharuddin

Kabid. Advokasi dan Publikasi

Zulfikar

Kabid. Kajian dan Strategi Kebijakan
Amral

Kabid. Pemberdayaan Perempuan
Hasrianti

Kabid. Minat dan Bakat

Nurfitriana S
Sekbid.
Rahmat
Sekbid.
Fitriani
Sekbid.
Syarifuddin
Sekbid.
Zulfadli
Sekbid.
Megawati
Sekbid.
Saenab Ra’uf
Sekbid.
Musliadi
Anggota
1. Nurfadliah
Anggota
1. Nasrullah
Anggota
1. Jurnalis
Anggota
1. Akhmad Afandi
Anggota
1. Zuhair

Anggota
1. A Hasmirawati
Anggota
1. Masita Nabih
2. Reski Mustari
2.  Dwi Hardiyanti
2.  Nuryatmi Afrianti
2. Rahmat Laba
2. Sarwanto
2. A. Ummul Amanah
2. A. Nompo Dg. Manuji
3. Muh. Ansar
3.  Andi A. Eka Utami
3. Firatika
3. Hizburrabbani
3.  Dwi Muh. Amiril
3. Juliana
3.  Satriani Usman
4. Ade Asbullah Wathan
4.  Irvansyah Putra
4.  Andi Gusnawati
4. Alauddin
4. Ridwan
4. Nurida. H
4. Eka Reskywati
III.           Program Kerja

BIDANG

PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Kajian dan Strategi Kebijakan
Safari Ramadhan
Terlaksana
Takalar, 3-4 Agustus 2012
Tabligh Akbar
Terlaksana
Auditorium Al-Amien
22 November 2013
Kajian Rutin 2 Bulanan
Terlaksana
Oktober 2012 - Sekarang
Lomba Tilawah
Terlaksana
Kampus UMM,
4 Mei 2013

BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa (SDM)
Prisma "13
Terlaksana
Auditorium Al-Amien
11-13 januari 2013
Seminar Nasional
Terlaksana
Auditorium Al-Amien
24 Juni 2013
Bimbingan Belajar
Terlaksana
Oktober 2012 - Sekarang

BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Kewirausahaan
Pembuatan Kartu HMJ
Terlaksana
September 2012
Pembuatan Baju Kaos
Terlaksana
September 2012
Pembuatan Kalender Tahunan
Terlaksana
Januari 2013
Pembuatan Pin & Sticker
Terlaksana
Oktober 2012
HMJ Cell
Terlaksana
Oktober 2012 - Sekarang
Bazar Kepanitian
Terlaksana
Disetiap Kegiatan Mengadakan Bazar

BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Advokasi
&
Publikasi
Pengadaan Kelengkapan Lembaga

-
Struktur Pengurus
Terlaksana
September 2012
-
Foto Pengurus
Terlaksana
Juni 2013
-
Atribut
Terlaksana
September 2012
-
Papan Info
Terlaksana
September 2012
-
Kotak Saran
Terlaksana
September 2012
Bakti Ilmiah
Terlaksana
Majene, 4-9 Maret 2013
Reuni Alumni
Terlaksana
Mei 2013
Kunjungan Sosial
Terlaksana
Maros, 22 Desember 2012
Pendampingan Pelayanan Administrasi Mahasiswa (KRS)
Terlaksana
September 2012



BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU DAN TEMPAT
PELAKSANAAN
Pemberdayaan Perempuan
Kajian Rutin Muslimah
Terlaksana
Oktober 2012 - Sekarang
Tata Boga
Terlaksana
Kampus UMM,
5 Mei 2013
Peringatan Hari Ibu
Terlaksana
Maros, 22 Desember 2012

BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU
DAN
TEMPAT
PELAKSANAAN
Minat & Bakat
Unit Olahraga

-
Posmat
Terlaksana
Kampus UMM,
23 April-7 Mei 2013
-
Jalan Santai
Terlaksana
Kampus UMM,
23 April 2013
-
Mengikuti Pertandingan
Terlaksana
Setiap Ada Undangan Lomba
Unit Kesenian

-
Persen
Terlaksana
Auditorium Al-Amien
17 Januari 2013
-
Latihan Kesenian
Terlaksana
Disetiap Kegiatan

BIDANG
PROGRAM KERJA
JENIS
WAKTU
DAN
TEMPAT
PELAKSANAAN
Pengembangan Organisasi
Silsilah
Terlaksana
Tanjung Bayang, 12-13 Oktober 2012
Up Greading
Terlaksana
Tanjung Bayang, 13-14 Oktober 2012
Pengelolahan Mading
Terlaksana
September 2012 - Sekarang
Forum Diskusi Lintas Himpunan
Mahasiswa Matematika
Terlaksana
LEC-UP Athirah, 28 Juni-1 Juli 2013
Evaluasi Kinerja Pengurus
Terlaksana
Setiap Selesai Kegiatan



IV.           Kondisi Objektif

a.       Kondisi Internal

Dalam sebuah organisasi tentunya tidak terlepas dari berbagai problematika.Sama halnya dengan yang terjadi pada internal HMJ Pendidikan Matematika periode 2012-2013.Perspektif keberhasilan dalam sebuah organisasi bisa dinilai dari kondisi internalnya baik itu dari solidaritas pengurus atau pun kegiatan yang terlaksana dari program kerja yang telah disusun.Selain itu kaderasasi sebagai pelanjut estafet kepemimpinan suatu organisasi harus tetap berjalan tanpa dibarengi pelanggaran hak-hak individu.Menyinggung tentang solidaritas pengurus maka tentunya sudah menjadi sesutau yang sangat familiar dan klasik jika terdapat sebagian anggota yang tidak menjalankan amanah sesuai dengan sumpah yang didikrarkan pada saat pelantikan.Hal ini disebabkan karena terdapat kesibukan lain diluar mengurus organisasi yg dianggap lebih penting.Selain itu rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap Hmj Pendidikan Matematika masih minim.Kemunkinan terbesar dari persoalan ini juga disebabkan tidak adanya amanah besar yg diberikan dalam setiap kegiatan sehingga masih berharap terhadap panitia inti dan pengurus lainnya.Erat hubungannya dengan keaktifan pengurs sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan setiap kegiatan.Namun selama satu periode,suatu kesyukuran yang sangat besar karena setiap kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Meskipun masih terdapat kekurangan dalam setiap peelaksanaannya sebab kami tidak bisa melampaui kodrat sebagai manusia yang tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan.
Untuk jenjang pengkaderan itu dilakukan dengan kegiatan silsilah.Namun tidak berhenti sampai disitu karena dirasa belum cukup jika kita merapatkan kaki hanya pada tahap tersebut.Pelibatan angkatan 2011 dan 2012 dalam setiap kegiatan merupakan salah satu realisasi dari pengkaderan itu.Ini berjalan cukup efektif dikarenakan proporsi keterlibatan mereka melebihi harapan meskipun hanya berperan sebagai tim work namun disitulah awal mereka berproses di HMJ Pendidikan Matematika.Harapan terbesar kami selaku pengurus agar mereka yang pernah aktif dan terlibat sebagai panitia untuk tetap setia pada himpunan dan dapat mengajak saudara-saudara kita di pendidikan matematika yang tidak pernah terlibat sebelumnnya untuk ikut berperan memberikan sumbansinya terhada HMJ Pendidikan Matematika secara kontinu.


Beberapa kendala yang dihadapi oleh pengurus HMJ Pendidikan Matematika antara lain :
           1.  Sebagian pengurus HMJ Pendidikan Matematika periode 2012-2013 kurang mempunyai pengalaman organisasi.
           2.  Kurangnya kesadaran sebagian pengurus atas amanah yang diberikan.
     3. Kurangnya gairah (semangat) dalam berorganisasi.
     4. Kurangnya kemampuan management waktu yang dimiliki oleh   pengurus, sehingga kesibukan yang lain          mengalahkan kepentingan himpunan.
           
Sekilas gambaran kecil terhadap kondisi tersebut sengaja kami cantumkan dalam laporan pertanggung jawaban kami agar dapat menjadi bahan evaluasi terhadap pengurus selanjutnya.Sebagai pengurus apa yang kami lewati selama satu periode kepengurusan telah memberikan pelajaran yang sangat berharga dan manfaat yang begitu besar terhadap pribadi kami masing-masing.HMJ Pendidikan Matematika seperti miniatur kehidupan yang sebenarnya karena sesungguhnya perjuangan sebetulnya ada pada kehidupan setelah kuliah dan HMJ Pendidikan Matematika telah menggambarkan dan mengajarkannya kepada kami.Semoga HMJ Pendidikan Matematika tetap jaya dan selalu berada dalam naungan panji-panji Muhammdiyah.

b.      Kondisi External

HMJ Pendidikan Matematika sebelum kepengurusan periode ini telah dikenal dan mempunyai hubungan yang erat dengan beberapa lembaga mahasiswa baik itu pada wilayah kampus sendiri atau pun dalam skala nasional.Eksistensi itu tetap kami pertahankan dan berusaha untuk lebih mengembangkannya lagi sesuai dengan kemampuan kami.
Implementasi dari tujuan di atas diantaranya melibatkan lembaga lain dalam beberapa kegiatan begitu pun sebaliknya.Ke ikut sertaan HMJ dalam beberapa kegiatan lembaga kampus baik itu pada tingkat HMJ,BEM Fakultas sampai pada Ogaisasi Otonom  dan setiap UKM yang ada dalam kampus selau dilakukan secara berkesinambungan.Selain dalam wilayah kampus sendiri hubungan itu kami perkuat di luar kampus dan terkhusus untuk lembaga mahasiswa, HMJ Pendidikan matematika aktif dalam organisasi Himatika tingkat nasional yaitu IKAHIMATIKA Indonesia.Untuk memperkuat hubungan itu sebagian pengurus HMJ Pendidikan Matematika didaftarkan dalam pengurus pusat dan sebagian lainnya menjadi pengurus wilayah.Sedangkan untuk lembaga eksternal kampus kami hanya menghadiri acara dan berbagi informasi mengenai pengembangan suatu organisasi.Selain itu lembaga eksternal biasanya dilibatkan dalam kajian-kajian keilmuan yang di adakan oleh pengurus begitu pun sebaliknya.
Kerjasama dengan beberapa Instansi Pemerintah pun tetap terjalin dalam setiap kegiatan terutama pada kegiatan yang melibatkan bukan mahasiswa seperti siswa dan masyarakat.Tentu itu telah menjadi tradisi dan keharusan tentang kerjasama yang dijalin dengan instansi pemerintah.Hal yang paling penting juga adalah bagaimana organisasi ini dikenal oleh masyarakat, ini diharapkan juga dapat berpengaruh terhadap minat masyarakat untuk melanjutkan studi khususnya Pendidikan Matematika di Unismuh Makassar.Pada kegiatan Bakti Ilmiah beberapa bulan lalu HMJ Pendidikan Matematika turut berperan mengpublikasikan Kampus Unismuh Makassar pada umumnya dan Pendidikan Matematika khususnya di Maje’ne Sulawesi Barat bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unismuh Makassar.
Semoga eksistensi organisasi  HMJ Pendidikan Matematika tetap terjaga dan pengurus selanjutnya dapat lebih memperluas hubungan kekerabatan dengan berbagai organisasi internal dan external kampus.Kerjasama ini tidak lain hanya untuk berbagi informasi tentang pengembangan suatu organisasi yang lebih baik di masa selanjutnya.Selain itu, ini dimaksudkan  untuk memudahkan dan memperlancar setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh HMJ Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makasssar.
V.          Penutup

                Demikianlah laporan pertanggungjawaban ini kami buat sebagaimana mestinya. Derap langkah perjuangan kami telah menuliskan alur cerita perjalanan sekelompok insan manusia dalam sebuah lingkaran kecil bernama HMJ Pendidikan Matematika sampai pada garis akhir.Tentunya perjalanan mencapai kesuksesan itu tidak akan luput dari segala kekurangan.Namun segala kekurangan dan kesuksesan yang terdapat selama masa kepengurusan  ini semoga bisa menjadi evaluasi pembelajaran untuk pengurus selanjutnya.
 Setiap kepengurusan mempunyai masa dan tantangannya sendiri sehingga kami beranggapan bahwa strategi lama yang dianggap tidak sesuai sudah tidak perlu dipertahankan lagi hanya karena mempertahankan ego personal saja.Memang pengalaman adalah guru terbaik namun organisasi ini bukanlah sesuatu yang dinamis sehingga perlu adanya kreatifitas dan ide-ide baru yang dikembangkan.Harapan kami semoga pengurus selanjutnya dapat melahirkan pemikiran-pemikiran cerdas dan idealis demi terwujudnya HMJ Pendidikan Matematika yang terdepan.Permohonan maaf yang sebesar-besarnya kami haturkan kepada seluruh masyarakat matematika jika sekiranya terdapat kehilafan yang pernah kami perbuat.Inilah yang dapat kami persembahkan untuk HMJ Penididikan Matematika dan Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNISMUH Makassar serta seluruh mahasiswa pendidikan matematika.Semoga apa yang kami perjuangkan selama satu periode kepengurusan bernilai ibadah disisi-Nya dan dapat bermanfaat untuk kepentingan masyarakat luas dan terkhusus untuk masyarakat Pendidikan Matematika FKIP UNISMUH Makassar.


Jayalah HMJ Pendidikan Matematika,
Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Makassar, 24 Juli 2013

Pengurus HMJ Pendidikan Matematika 2012-2013


                                                                             Edi Surahman
                                                                             Ketua Umum










Tidak ada komentar:

Posting Komentar